Identifikasi Kondisi dan Kualitas Air Aliran Sungai Brantas di Kawasan Kali Surabaya, Jl. Raya Kebonsari, Kecamatan Jambangan Berdasarkan Nilai pH, TDS, EC, dan Suhu Air

Air Limbah Domestik

Kualitas Air

Air Limbah Rumah Tangga

Kualitas air sungai

Dibuat pada: 18 Mar 2024

Keterangan

Kali Surabaya (Kali Mas) merupakan salah satu cabang Sungai Brantas. Melalui hasil analisis kondisi perairan aliran Sungai Brantas di Kawasan Kali Surabaya, Jl. Raya Kebonsari, Kecamatan Jambangan, ditemui aktivitas manusia dalam aspek ekonomi, yaitu jasa cuci motor yang berada tepat di tepi aliran Sungai Brantas. Tempat cuci motor ini sangat terbuka, bahkan aliran air bekas pencucian motor dapat langsung mengalir masuk ke dalam badan sungai. Tentunya hal tersebut mampu mempengaruhi kualitas air dari sungai brantas, ditambah lagi jasa cuci motor ini tidak hanya ada di satu titik tepi sungai, namun ada di beberapa titik tepi Sungai Brantas. Tidak hanya itu, ada berbagai macam jenis sampah yang dibuang ke badan sungai. Kontaminan tersebut dapat memengaruhi kualitas lingkungan dan kehidupan ekosistem sungai.

Limbah sisa dari pencucian motor pastinya mengandung bahan kimia berbahaya seperti deterjen dan minyak mesin yang dapat mencemari air sungai. Hal ini selain merusak ekosistem air, juga dapat mengganggu kehidupan biota air dan kesehatan manusia bila menggunakan air tersebut secara langsung. Selain itu, sampah-sampah plastik dan organik yang dibuang langsung ke sungai dapat mengakibatkan aliran air terhambat dan membentuk perkumpulan limbah yang berpotensi dalam menciptakan tempat berkembang biak bakteri dan penyakit.

Akibat kontaminasi dari air limbah sisa pencucian motor dan sampah yang ada pada perairan tersebut, mampu mempengaruhi kualitas air Sungai Brantas. Selain melalui pengamatan, kami telah melakukan uji terhadap beberapa parameter kualitas air. Parameter yang dianalisis meliputi Potential of Hydrogen (pH), Total Dissolved Solids (TDS), Electrical Conductivity (EC), dan suhu air. Diperoleh hasil analisis kualitas air aliran Sungai Brantas di Kawasan Kalimas Surabaya, Jl. Raya Kebonsari, Kecamatan Jambangan, sebagai berikut

pH: 7

TDS: 350 ppm

EC: 740 µS/cm atau 0,75 mS/cm

suhu: 30.5 °C

Berdasarkan PP No. 22 tahun 2021 keempat parameter yang telah diukur masih tergolong ke dalam baku mutu air, sehingga air dari Sungai Brantas ini masih dapat digunakan sebagai air baku yang dapat digunakan dalam menunjang aktivitas sehari hari setelah melalui proses pengelolaan terlebih dahulu.


Samenvatting (Dutch description)

Oleh:

Salma Nadiyah (186221015)

Nurarini Asyifa Azzahra (186221097)

Dinda Aisyah Salsabilla (186221098)

Bantu kami memberikan informasi lebih rinci tentang project ini dengan klik kontribusi!

Tentang Penulis

Dinda Aisyah Salsabilla

• 1 project dikirim
• Expert at Water | Air
• Indonesia

Lihat semua project oleh Dinda Aisyah Salsabilla (1) →


Project Terkait

Di bawah ini Anda akan menemukan project terkait terbaru dalam kategori ini.

Tampilkan lebih banyak project terkait →

Tampilkan semua Water | Air project →